TABRAKAN MAUT SPEEDBOAT VS TONGKANG


KANTOR SAR PALEMBANG -- Informasi berawal dari telepon wartawan langsung ke Kantor SAR Palembang pada hari Senin 23 Desember 2013 pukul 11.30 Wib bahwa telah terjadi musibah tabrakan antara speedboat dan kapal tongkang pada pukul 09.30 Wib diperairan sungai Musi tepatnya dibawah jembatan Musi II palembang pada koordinat 3 01' 06" E 104 43' 22" E yang mengakibatkan 2 orang Hilang. Berbekal informasi ini Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Palembang menerjunkan 11 Orang Personil Rescuer dan ABK menuju kelokasi Musibah guna melakukan proses Pencarian dan Pertolongan terhadap korban tabrakan tersebut.

Menurut Informasi yang didapat dilokasi musibah, Tabrakan berawal ketika speedboat dari arah bangsal genteng dengan nama Sukses Musi II menuju dermaga RMK gandus mendadak mati mesin sehingga kapal hanyut dan masuk kedalam kolong Kapal Tongkang yang sedang sandar (Jangkar) guna mengerjakan proyek pembangunan Jembatan yang menyebabkan 2 orang penumpang speedboat hilang.

Team Rescue Kantor SAR Palembang dibantu oleh Polair Polda Sumsel, TNI AL serta pihak keluarga Korban Langsung melakukan proses pencarian terhadap korban. Pencarian hari pertama dilakukan dengan cara menyisir tepian sungai menggunakan Perahu karet dan kapal 12 meter RB 403 Milik Kantor SAR Palembang, dengan radius pencarian ± 10 Km namun belum membuahkan hasil. Pada pukul 07.30wib Pencarian Hari kedua dilanjutkan masih dengan cara yang sama yaitu menyisir tepian sungai musi hanya saja radius pencariannya yang diperluas mencapai ± 20Km namun tetap belum membuahkan hasil.  

Hari ketiga kedua korban berhasil ditemukan dan dievakuasi dengan lokasi yang saling berjauhan. Pukul 02.30 Wib Team mendapat informasi bahwa korban mengambang ditepian sungai musi didaerah keramasan tidak jauh dari lokasi tabrakan atau sekitar radius ± 5Km korban diketahui atas nama Jamal (30) kemudian dievakuasi. Pukul 07.30 wib Team Rescue Kantor SAR Palembang kembali bergerak untuk melakukan pencarian terhadap korban kedua. dengan cara yang sama yaitu menyisir tepian sungai menggunakan perahu karet dan kapal RB 403 dengan radius pencarian yang semakin diperluas mencapai ± 30Km. Akhirnya pukul 11.05 Wib Korban atas nama Nina Agustina (24) berhasil ditemukan mengambang ditepian sungai didaerah upang (Sungsang) sekitar ± 25Km dari Lokasi Tabrakan, Korban langsung dievakuasi dan dibawa kekamar mayat guna dilakukan Visum.

Dengan telah ditemukannya kedua (2) korban maka seluruh personil yang bertugas dikembalikan kekesatuannya masing-masing, serta operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban tabrakan dinyatakan selesai dengan harapan tidak akan ada lagi kejadian serupa yang di akibatkan oleh kelalaian manusia karena bagaimanapun  “Keselamatan Bukanlah Suatu Hal Yang Kebetulan”. (RTF)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author